Home > Tips > Gugatan intervensi

Gugatan intervensi

Diajukan Sebelum Tahap Pembuktian

MENGAJUKAN gugatan intervensi adalah hak bagi setiap orang yang ingin memperjuangkan hak-hak yang justru menjadi polemik orang lain (penggugat atau tergugat). Gugatan intervensi ada tiga macam, bisa membela penggugat, membela tergugat atau membela diri sendiri.

Namun, apa yang mesti menjadi perhatian sebelum melayangkan gugatan? Ternyata, untuk mengajukan gugatan intervensi sebaiknya diajukan sebelum pada tahap pembuktian, baik berupa pembuktian data maupun pembuktian saksi. Sebab, kemungkinan besar apabila diajukan dalam waktu tersebut maka gugatan akan dikabulkan oleh majelis hakim.

Sebaliknya, apabila gugatan diajukan sesudah pembuktian atau menjelang putusan maka kemungkinan untuk dikabulkan kecil. Pasalnya majelis hakim akan melihat lagi sejauhmana kepentingan penggugat intervensi serta memutuskan untuk memulai dari awal proses persidangannya.

Sedangkan prosedur mengajukan gugatan intervensi antara lain mengajukan permohonan sebagai pihak intervensi tepatnya sebelum pembuktian. Setelah semua pihak dipanggil semua, maka diumumkan dalam putusan sela apakah gugatan intervensi tersebut diterima.

Apabila gugatan intervensi diterima, maka penggugat intervensi akan melakukan hal-hal sebagaimana posisi dia dalam gugatannya. Misalnya, dia mengajukan gugatan intervensi untuk membela tergugat maka dia akan menerima gugatan serta menjawab gugatan tersebut dan sebaliknya. Apabila dia mewakili diri sendiri maka ia harus utarakan apa yang menjadi hak-haknya beserta bukti-buktinya.

Namun yang terpenting, mengajukan gugatan intervensi tidak harus dilakukan sendiri, bisa dilakukan melalui pengacara. Yang jelas kunci utama kalau ingin gugatan diterima maka gugatan harus diajukan sebelum tahap pembuktian.

Categories: Tips Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: