Home > Klinik > Teknis Pelaksanaan Legal Audit Perusahaan

Teknis Pelaksanaan Legal Audit Perusahaan

Pertanyaan:

Saya mempunyai saham yang cukup besar di sebuah Perseroan Terbatas (PT) yang berlokasi di Jawa Timur. PT kami hendak go public, namun di awal proses go public disarankan agar PT kami melakukan legal audit lebih dahulu. Apakah yang dimaksud legal audit dan bagaimana teknis pelaksanaannya? Terima kasih.

Jawaban:

Bapak Yth, legal audit merupakan suatu uji tuntas dari segi hukum terhadap segala aspek hukum perusahaan. Di sini konsultan hukum melakukan kegiatan pemeriksaan secara seksama dari segi hukum terhadap suatu perusahaan untuk memperoleh informasi/fakta material yang dapat menggambarkan kondisi suatu perusahaan tersebut.

Bila sampai ditemukan adanya pelanggaran, kelalaian, ketentuan-ketentuan yang tidak lazim dalam dokumen perusahaan maupun ditemukan informasi/fakta lain yang secara material dapat menimbulkan risiko bagi perusahaan, maka konsultan hukum wajib memberitahukannya.

Pertama-tama akan dilakukan pemeriksaan menyeluruh atas dokumen perusahaan. Pemeriksaan ini meliputi Anggaran Dasar perusahaan (beserta segala perubahannya), notulen rapat (RUPS dll), komposisi saham dan permodalan, direksi dan dewan komisaris (apakah punya masalah hukum / tidak), ijin-ijin dan persetujuan yang harus dimiliki perusahaan, aset perusahaan (misalnya sertifikat tanah), asuransi (bila perusahaan terlibat dalam perjanjian asuransi), ketenagakerjaan (apakah perusahaan memenuhi ketentuan yang ada), perjanjian-perjanjian material yang mengikat perusahaan (dengan supplier, klien dll), pemeriksaan atas perkara yang melibatkan perusahaan (bila ada) dan laporan keuangan dan management letter serta dokumen pajak perusahaan (bekerjasama dengan auditor keuangan). Selain pemeriksaan atas dokumen, konsultan hukum juga dapat melakukan site visit maupun tanya jawab dengan berbagai komponen perusahaan.

Setelah segala pemeriksaan tuntas, konsultan hukum akan membuat laporan pendapat hukum (legal opinion) yang menjadi salah satu dokumen yang disyaratkan bila perusahaan mau melakukan go public. Disarankan agar PT yang hendak menjalani legal audit memastikan bahwa perusahaannya mematuhi semua peraturan dan mempunyai dokumen yang lengkap.

Categories: Klinik Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: