Home > Tips > Hadapi Debitur Wanprestasi

Hadapi Debitur Wanprestasi

Ada Indikasi Pidana, Laporkan ke Polisi

Mudahnya penawaran kredit yang ada sekarang ini, membuat masyarakat berlomba memanfaatkan penawaran yang ada. Apalagi syarat yang diminta untuk mengajukan kredit sangat mudah dan ditunjang dengan pembayaran angsuran ringan dengan jangka waktu pembayaran cicilan yang lama.

Dengan membludaknya pengajuan kredit yang ada sekarang, ternyata menuai persoalan. Karena seringkali ada debitur yang tidak melakukan kewajiban atau tidak membayar angsuran. Maka dalam hal ini debitur wanprestasi, karena melanggar perjanjian kredit tersebut.

Karenanya, jika Anda sebagai kreditur menghadapi situasi seperti itu, ada beberapa langkah yang bisa Anda ditempuh dalam menghadapi debitur wanprestasi. Apa saja? Pertama, memberitahukan kepada debitur bahwa batas waktu pembayaran sudah habis. Bisa melalui telepon maupun surat tagihan.

Kedua, bila tidak ada tanggapan, maka bisa dikirimkan surat teguran/pemanggilan agar debitur segera melakukan kewajibannya. Ketiga, jika upaya satu dan dua masih tetap tidak dihiraukan bisa mendatangi dan mencari tahu kenapa debitur tidak menghiraukan pemberitahun dan teguran kreditur. Upaya ini dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab sebenarnya, debitur tidak melakukan kewajiban.

Keempat,  jika tidak bisa menemui debitur, maka bisa dilakukan penyanggongan dimana debitur biasanya berada (bisa dimulai dari tempat yang berkaitan dengan aktivitas keluarga debitur).

Kelima, bila semua upaya tidak membuahkan hasil dan ada indikasi perbuatan pidana (pindah rumah dengan tidak melakukan memberitahukan, memindahkan barang yang dikreditkan dan obyek pendukung).

Dan keenam, jika semua jalan buntu, maka Anda sebagai kreditur bisa menempuh langkah terakhir dengan melaporkannya ke kepolisian atas perbuatan wanprestasi yang dilakukan.

Categories: Tips Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: