Home > Tips > Legal Opinion

Legal Opinion

Dasar Perikatan Advokat dengan Klien

Tidak ada definisi baku dari arti kata legal opinion. Banyak definisi yang pada pokoknya mendefinisikan legal opinion merupakan pendapat ahli hukum mengenai suatu kejadian atau peristiwa hukum yang didasarkan pada fakta kronologis kejadian, bukti dan petunjuk peristiwa yang ada. Legal opinion, dalam hubungan antara advokat dengan kliennya, merupakan dasar perikatan.

Sebagai dasar perikatan tentunya legal opinion yang disampaikan oleh advokat kepada kliennya harus menguraikan analisa-analisa hukum, berdasarkan bukti yang ada, tentang alternatif penanganan dan tahap-tahap penyelesaian masalah hukum yang dihadapi si klien. Adanya legal opinion, diharapkan klien mendapatkan gambaran seperti apa proses advokasi yang akan dilakukan oleh si advokat tersebut.

Memberikan legal opinion merupakan salah satu bagian dari jasa hukum advokat. Hal ini sebagaimana dimaksud Pasal 1 angka 2 UU No. 18/2003 tentang Advokat yang menyatakan, “Jasa Hukum adalah jasa yang diberikan Advokat berupa memberikan konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela, dan melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan hukum klien”. Terlebih, legal opinion merupakan dasar perikatan dalam hubungan antara advokat dengan kliennya maka terhitung sejak legal opinion disampaikan kepada si klien maka sejak itu pulalah advokat yang bersangkutan berhak atas honorarium.

Implementasinya, adakalanya walaupun skema advokasi telah tersusun dalam legal opinion, tidak serta merta dapat dijalankan. Teknis penanganan perkara di lapangan lebih menentukan dapat tidaknya skema advokasi yang tersusun dalam legal opinion tersebut dijalankan. Ada kalanya, hambatan-hambatan dilapangan tidak dapat dihindarkan. Sepanjang hambatan-hambatan tersebut dibicarakan dan didiskusikan kepada klien dengan baik serta jelas, saya rasa, kelak klien akan paham. Kuncinya adalah komunikasi dan keterbukaan antara advokat dengan kliennya.

Categories: Tips Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: