Home > Tips > Proses Mediasi Part 2

Proses Mediasi Part 2

Butuh Keseragaman Pemahaman

Sebagai hakim mediator, seharusnya jangan cepat menyerah, dengan menyatakan mediasi gagal, hanya karena satu pihak, seperti pihak penggugat, menolak mediasi. Karena sikap seperti yang Anda pertontonkan itu jelas bertentangan dengan aturan Perma yang menyatakan bahwa proses mediasi berlangsung selama 22 hari kerja, baik ada kesepakatan maupun tidak.

Jadi selama proses mediasi Anda dituntut paling aktif. Jangan malah enggan datang! Ingat mediator harus dalam posisi netral dalam memberikan ruang untuk berbicara pada para pihak. Aktif-aktiflah mencari alternatif penyelesaian.

Mungkin, kiat seperti dibawah ini perlu Anda coba jika Anda menjadi hakim mediator? Apa itu? Sistem ini sangat efektif, produktif, dan tidak menimbulkan gesekan baru, yaitu sistem mediasi tertutup. Dalam sistem tertutup ini, apa yang diinginkan oleh para pihak tidak dibuka pada awal mediasi.

Pada awal mediasi, yang ia sebut pra mediasi, minta pada para pihak untuk membuat proposal mengenai bentuk perdamaian seperti apa yang mereka inginkan. Pada pertemuan berikutnya, proposal itu diserahkan tanpa isinya diketahui oleh pihak lainnya. Proposal inilah yang kemudian dijadikan awal untuk melangkah lebih jauh.  Hal ini demi menyatukan kedua belah pihak dalam satu rel.

Lantas bagaimana jika ternyata kedua pihak berada dalam dua rel yang berlainan gerbong? Gunakan saja pertemuan kaukus. Kaukus adalah pertemuan antara mediator dengan salah satu pihak tanpa dihadiri oleh para pihak lainnya.

Di sinilah Anda berusaha mencoba menjembatani keinginan para pihak. Proposal bisa berubah sampai dua tiga kali. Dan Anda baru akan membuka proposal para pihak bila melihat perbedaan di antara keinginan dua pihak sudah tidak terlalu besar lagi. Dan kalau bisa Anda meminta bertemu langsung dengan para pihak dan jangan mau hanya diwakili dengan pengacaranya saja.

Categories: Tips Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: