Home > Tips > Prosedur Mediasi Part 1

Prosedur Mediasi Part 1

(Bukan) Basa-Basi

Sejak Peraturan Mahkamah Agung (Perma) No. 2/2003 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan ditetapkan pada 11 September 2003, semua perkara perdata di Pengadilan Negeri diwajibkan untuk menjalani proses mediasi sebelum disidangkan.

Diharapkan, dengan melalui proses mediasi terlebih dahulu, pihak yang bersengketa dapat mengupayakan jalan damai terlebih dahulu. Kalau mediasi berhasil, otomatis perkara yang masuk ke pengadilan jumlahnya akan berkurang.

Namun, bagaimana kenyataanya? Benarkah mediasi itu benar-benar dijalankan? Kemampuan dan peranan hakim sebagai mediator dalam proses mediasi di pengadilan menjadi satu hal yang paling banyak dikeluhkan.

Apa saja yang dikeluhkan? Sejumlah hakim yang bertindak sebagai mediator, tidak berusaha mencari titik temu atau memberikan alternatif-alternatif penyelesaian. Selama proses berlangsung, sang hakim hanya berbicara ngalor-ngidul. Satu-satunya “kegiatan mediasi” yang dilakukan hanya berulang kali mendesak para pihak: “Sudah pak, damai saja”. Seperti bisa diduga, proses mediasi di kasus tersebut mengalami jalan buntu.

Padahal, hanya ada satu sebenarnya yang diharapakan oleh para pihak yang ingin menyelesaikan perkaranya melalui jalur mediasi. Apa itu? Sebagai hakim mediator, Anda harus berusaha mencari titik temu. Lalu titik temu itu ungkapkan pada para pihak, atau kuasa hukum yang mewakilinya. Karena jika Anda diam saja, sudah pasti perkaranya terpaksa akan berlanjut ke meja hijau. Apa memang itu yang Anda inginkan? Sehingga mediasi sendiri hanyalah sekedar basa-basi? Semoga Bukan!

Categories: Tips Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: