Home > Tips > Tips Saat Menjadi Saksi Part 2

Tips Saat Menjadi Saksi Part 2

Ditekan Fisik dan Mental, Lapor ke Atasan Penyidik

Ketika dihadapkan dalam persoalan hukum meskipun hanya sebagai saksi biasanya orang mengalami kepanikan dan cenderung takut. Hal itu biasa dialami bagi orang awam yang kemungkinan kurang paham persoalan hukum.

Tapi hal itu tak akan terjadi bila Anda tahu banyak hal-hal yang terkait dengan saksi. Selain mengetahui banyak hal tentang seperti siapa saja yang bisa menjadi saksi? Bagaimana prosedur pemanggilan terhadap saksi? Juga apa hak Anda jika diperiksa sebagai saksi?, Anda juga harus mengetahui unsur terpenting dalam surat pemangilan saksi.

Unsur terpenting apa saja yang ada dalam Surat Pemanggilan? Tentunya yang tidak boleh ketinggalan adalah terkait identitas petugas yang mengantar surat pemanggilan. Selain itu juga identitas jelas orang yang dipanggil. Statusnya yang dipanggil sebagai apa, harus jelas. Juga alasan pemanggilan harus jelas yaitu menerangkan perbuatan pidana yang diduga diketahui oleh saksi, dan tempat pemeriksaan.

Namun itu saja belumlah cukup jika Anda tidak mengetahui juga apa yang bisa Anda lakukan saat diperlakukan tidak manusiawi.

Jika anda diperlakukan tidak manusiawi dan/atau ditekan oleh penyidik, anda dapat memperingatkan agar penyidik menghargai hak-hak anda sebagai warga negara yang mempunyai hak hukum yang sama dengan siapapun. Apabila perlakuan penyidik tetap tidak berubah, Anda dapat menolak diperiksa jika tidak didampingi penasehat hukum atau Anda dapat melaporkan hal tersebut ke atasan penyidik.

BAP saksi yang terlanjur ditandatangani dapat dicabut secara sepihak oleh saksi, apabila keterangan yang tertulis dalam BAP tidak sesuai dengan keterangan yang dia berikan. Dan ketika saksi memberikan keterangan di depan penyidik merasa tidak bebas/diancam baik fisik maupun mental/ditekan oleh penyidik, juga bisa melakukan hal yang sama seperti di atas. Bagaimana, apa Anda masih takut menjadi saksi?

Categories: Tips Tags: ,
  1. Guruhbs
    April 1, 2012 at 4:44 am

    Bolehkah kita menolak untuk dijadikan saksi?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: