Home > Tips > Menghadapi Penyidik Part 2

Menghadapi Penyidik Part 2

Keluarkan Joke-joke

Keberadaan pengacara yang memdampingi Ada menghadapi masalah hukum bermanfaat untuk menganalisis dari cerita Anda tentang pelanggaran hukum yang Anda perbuat dengan mendasarkan pada laporan. Keberadaan pengacara pula yang bisa menjelaskan secara rinci berikut pasal-pasal yang dijeratkan pada Anda. Sehingga nantinya Anda akan menemukan langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan keadilan sebagaimana Anda harapkan.

Kalau pun Anda bersalah, ada keringanan yang Anda dapatkan. Karenanya, pengacara yang baik pasti akan mengarahkan Anda agar berkata jujur ketika diperiksa, karena itu akan meringankan Anda sendiri.

Ketika penyidikan berlangsung, sebagaimana dijelaskan pula pada bagian sebelumnya, mental Anda harus benar-benar stabil. Dan saat itu peran pengacara dalam mensupport Anda benar-benar sangat dibutuhkan. Kenapa? Karena kadang kala gugup akan menyerang Anda, apalagi kalau ada pertanyaan yang dikeluarkan penyidik di luar perkiraan Anda.

Peran pengacara di sini, misalnya, ketika ada pertanyaan menyudutkan atau menjebak yang dikeluarkan penyidik. Ketika hal itu misalnya menyalahi atau melenceng dari perkara pokok yang sedang disidik, maka pengacara akan mengingatkannya. Dan jangan lupa, ada hal-hal remeh tapi penting yang juga perlu dilakukan sewaktu-waktu. Yaitu mengeluarkan joke-joke, lelucon, atau candaan. Ini bisa dilakukan Anda sendiri sebagai orang yang disidik atau pengacara Anda.

Jujur saja, joke-joke terkadang bisa mengubah (atau setidaknya membuat jeda) suasana penyidikan dari yang biasanya didominasi tegang menjadi cair. Saya rasa, joke-joke itu penting. Jadi, setegang dan sekalut apapun Anda ketika disidik, sekali-kali tidak masalah kalau Anda berjoke-joke.

Categories: Tips
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: