Home > Tips > Menjawab Gugatan

Menjawab Gugatan

Pelajari Posisi Hukumnya 

APABILA seseorang telah merugikan pihak lain, maka akan muncul protes atau keberatan dari orang yang merasa dirugikan. Bahkan apabila orang tersebut merasa tidak terima bisa jadi akan mengajukan gugatan. Masalahnya, bagaimana jika Anda yang digugat? Apa yang harus Anda lakukan?

Perlu diketahui, jika memang Anda digugat, maka Anda akan menerimasuratpangilan dari Pengadilan Negeri berikut panggilan sidang. Saat itulah, ada hal-hal khusus yang perlu Anda perhatikan? Apa itu? Anda harus bisa mempelajari gugatan. Hal ini berguna untuk keperluan menyampaikan jawaban. Agar kedepannya Anda tidak salah langkah yang berakibat kekalahan.

Berikuat ini kiat-kiat menghadapi gugatan. Pertama, Anda harus pelajari posisi hukumnya. Kalau faktanya tidak sesuai dalam gugatan tersebut maka dengan mudah Anda akan mengalahkan gugatan tersebut. Untuk lebih memudahkannnya Anda harus menyiapkan seluruh dokumen dan data yang dapat menguatkan Anda bila perkara ini berlanjut ke persidangan.

Kedua, Anda harus mempelajari gugatan tersebut sudah sesuai dengan prosedur hukum apa belum. Karena bila gugatan diajukan tidak sesuai dengan hukum acara perdata, maka gugatan tersebut dengan sendirinya tidak dapat diterima. Dengan demikian Anda akan lebih mudah mengalahkannya.

Ketiga, untuk mematahkan gugatan penggugat Anda buat gugatan balik (rekovensi), sehingga bila gugatan tersebut ditolak maka gugatan Anda yang akan diterimanya. Sehingga Anda bisa memenangkan suatu perkara tersebut.

Categories: Tips
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: