Home > Tips > Menggugat Perdata

Menggugat Perdata

Persiapkan Uang dan Waktu

Dalam sebuah gugatan atau litigasi di Pengadilan, tak ubahnya sebuah perang, yang  penuh berbagai macam strategi. Kalah dan menang adalah sebuah hal biasa dalam gugatan perdata. Artinya  Anda harus siap menanggung risiko apapun yang terburuk jika mau menempuh jalur peradilan. Meskipun demikian, disarankan untuk tidak melakukan gugatan bila memang posisi Anda dalam posisi yang kurang menguntungkan.

Agar Anda tidak terperosok kejurang kesengsaraan, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini sebelum mengajukan gugatan. Apa itu?

Pertama, Logistik. Logistik disini diartikan sebagai uang dan waktu. Berapa lama waktu yang Anda berikan untuk mengikuti proses sidang seperti menyiapkan gugatan, menghadari sidang gugatan atau gugatan balasan. Selain itu apakah uang yang Anda miliki cukup untuk membayar biaya pengacara dan menghidupi keluarga selama proses persidangan yang sangat lama itu berlangsung.

Sebab dapat dipastikan pikiran dan waktu Anda akan sangat tersita selama persidangan berlangsung, sehinga konsentrasi bekerja menurun drastis. Sedangkan biaya yang dipatok pengacara saat ini lumayan mahal, belum lagi harus membayar harga ekstra meliputi transportasi dan biaya-biaya tak terduga untuk pengacara Anda.

Kedua, Psikologi dan Mental Kuat. Satu hal yang harus Anda siapkan dalam menghadapi sebuah persidangan, yaitu faktor psikologis dan mental. Dapat dipastikan, jika lawan yang Anda hadapi culas maka teror di luar persidangan akan menghadang Anda. Biasanya hal ini dilakukan lawan  Agar Anda mengurungkan mengajukan gugatan atau mencabut gugatan bila memang gugatan sudah diajukan.  Belum lagi, segala masa lalu Anda dan mungkin sanak saudara bisa digali dan diungkit oleh pihak lawan dalam pertarungan hukum.

Dan ketiga, Senjata. Jangan bayangkan senjata disini seperti bayonet, senapan mesin ataupun meriam. Sebab senjata yang dimaksud dalam hal ini adalah meliputi alat bukti dan barang bukti dan kemampuan berargumentasi dan mungkin sumber daya lainnya yang bisa mendukung proses gugatan Anda. Tanpa ini semua maka langkah Anda untuk menempuh jalur litigasi akan konyol atau sama artinya dengan bunuh diri. Karena itulah yang perlu Anda lakukan adalah siapkan diri Anda dengan argumen, bukti dan saksi, jauh hari sebelum gugatan terjadi. Bahkan kalau bisa, jauh hari sebelum konflik yang mengakibatkan litigasi terjadi! Jadi silahkan mencoba.

Categories: Tips Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: