Home > Tips > Pengacara Perusahaan : Cari yang Mengerti Kebutuhan Bisnis Anda

Pengacara Perusahaan : Cari yang Mengerti Kebutuhan Bisnis Anda

Walaupun anda mungkin tidak membutuhkan nasehat hukum secara teratur, barangkali ada baiknya kalau seorang pengacara tersedia jika dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan demikian, kalau Anda membutuhkan nasehat dan bantuan hukum, Anda akan bekerjasama dengan orang yang menyenangkan Anda, dan yang mengerti kebutuhan bisnis Anda.

Lantas, kapan Anda akan membutuhkan nasehat hukum? Di sini adalah beberapa situasi tertentu. Seperti apa? Pertama, bilamana Anda memutuskan menjadi badan hukum dan perlu menyiapkan seluruh dokumen yang penting. Kedua, bilamana Anda sedang coba menulis atau memahami isi kontrak yang rumit. Ketiga, bilamana Anda diancam perkara hukum. Keempat, bilamana Anda membutuhkan bantuan penagihan hutang. Dan kelima, bilamana Anda membutuhkan informasi mengenai segala peraturan yang menyinggung bisnis Anda, dan bantuan tentang bagaimana memenuhi mereka.

Untuk itulah, pekerjakanlah seorang pengacara yang memahami bisnis Anda. Caranya? Pertama, pastikan bahwa pengacara Anda (dan penasehat ahli lainnya) memahami kebutuhan spesifik dari bisnis Anda. Kedua, untuk itu, bilamana mengadakan wawancara untuk memilih seorang pengacara, tanyakan apakah dia sebelumnya pernah bekerja di perusahaan yang serupa dengan milik Anda. Karena tentunya Anda tidak ingin membayar untuk masa belajar. Tanyakan juga, penahkah perusahaan tersebut bekerja dengan untuk bisnis kecil sebelumnya? Dalam jenis apa? Dan jika industri Anda mempunyai pengaturan khusus atau persyaratan hukum lainnya, Anda mungkin menginginkan seorang pengacara yang sudah akrab dengan mereka.

Karena tidaklah salah, sebelum menentukan pilihan pengacara yang tepat, Anda mungkin bisa mencarinya, misal melalui rujukan. Rujukan merupakan cara terbaik untuk menemukan jasa apa saja yang mungkin Anda butuhkan, tanpa kecuali seorang pengacara. Bicaralah dengan para pemilik bisnis kecil lainnya, dan dengan bankir, akuntan, atau penasehat lain yang dapat dipercaya. Anda juga dapat mencari informasi dari asosiasi pengacara lokal Anda, walaupun tidak semua dari mereka mampu memeriksa kekhususan pengalaman seorang pengacara. Rujukan asosiasi pengacara tentu saja akan menjamin bahwa seorang pengacara telah lulus ujian pengacara.

Categories: Tips Tags: , , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: