Home > Tips > Menyusun Gugatan Perdata (1)

Menyusun Gugatan Perdata (1)

Dirugikan, Dapatkan Hak ke Pengadilan

ANDA merasa dirugikan? Tenang….., bukan berarti Anda hanya bisa berpasrah diri saja. Ada jalur hukum yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hak-hak Anda. Caranya? Sudah pasti Anda bisa mengajukan gugatan terhadap pihak yang telah merugikan Anda  lewat pengadilan.

Gugatan dapat diajukan secara lisan seperti dalam pasal 118 ayat (1) HIR 142 ayat (1) Rbg.  Atau secara tertulis, seperti dalam pasal 120 HIR 144 ayat (1) Rbg. Dan bila perlu dapat minta bantuan Ketua Pengadilan Negeri. Dan sudah pasti gugatan itu harus diajukan oleh yang berkepentingan.

Sementara tuntutan hak di dalam gugatan harus merupakan tuntutan hak yang ada kepentingan hukumnya. Yang dapat dikabulkan apabila kabenarannya dapat dibuktikan dalam sidang pemeriksaan

Mengenai persyaratan tentang isi daripada gugatan tidak ada ketentuannya. Tapi Anda  dapat melihat dalam Rv Pasal 8 No. 3, yang mengharuskan adanya pokok gugatan yang meliputi, pertama, identitas dari pada para pihak.

Kedua, dalil-dalil konkret tentang adanya hubungan hukum yang merupakan dasar serta alasan-alasan daripada tuntutan. Dalil-dalil ini lebih dikenal dengan istilah fundamentum petendi.

Dan ketiga, tuntutan atau petitum ini harus jelas dan tegas. HIR dan Rbg sendiri hanya mengatur mengenai cara mengajukan gugatan.

Categories: Tips Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: